SMAN Negeri 1 Tarumajaya Kab. Bekasi

Image

Sejarah Singkat

SMAN 1 Tarumajaya berdiri pada tahun pelajaran 2001 – 2002 . Semula disebut USB SMUN 1 Tarumajaya yang menginduk dengan SMAN 1 Babelan yang pada waktu itu dipimpin oleh Bapak Babay.Pencetusnya adalah tokoh-tokoh di Tarumajaya yang waktu itu dikoordinatori oleh Bapak Cecep Saepulloh sebagai Kepala UPTD kecamatan Tarumajaya . Hal itu didasari atas keprihatinan masyarakat dan para tokoh di Tarumajaya, yang melihat rendahnya kualitas SDM.Lulusan SMA di Tarumajaya pada waktu itu masih bisa dihitung dengan jari.

Sebelum menempati gedung yang sekarang  di tempati,  USB SMUN 1 Tarumajaya  ditempatkan di gedung SDN Pantai Makmur 01 Tarumajaya.Dan dipimpin oleh kepala sekolah yang juga baru diangkat, yaitu Dra. Hj. Henny Maryani, dengan wakasek kurikulum Bpk.Drs. Abu Darda.Dan menerima siswa pertama kali hanya tiga kelas yang terdiri dari 121 siswa.

Pada tanggal 20 Januari 2003 SMAN 1Tarumajaya mulai menempati gedung baru yang terletak di desa Pahlawan Setia kecamatan Tarumajaya. Tanah yang di pakai untuk bangunan gedung sekolah adalah Tanah Kas Desa (TKD). Pada waktu itu kepala desa Pahlawan Setia dipimpin oleh H.Syarifudin.Beliau  telah menyetujui dan memberikan izin yang seluas-luasnya atas penggunaan tanah tersebut untuk fasilitas sekolah.Dengan pertimbangan di kecamatan Tarumajaya belum ada sekolah negeri setingkat SLTA yang berdiri di kecamatan Tarumajaya pada waktu itu. Selain itu terdorong oleh rasa sosial yang tinggi atas SDM di Tarumajaya .Karena sebagian besar generasi muda di Tarumajaya khususnya belum banyak  mengenyam pendidikan setingkat SLTA.

Bangunan sekolah yang pertama kali dibangun terdiri dari enam ruang kelas belajar, satu ruang WC guru  dan siswa, satu ruang kepala sekolah dan satu ruang tata usaha. Bangunan di bangun di atas lahan 10.000 m2.Lahan tersebut sebelumnya sawah yang disewakan ke penduduk setempat. Oleh penduduk ditanami padi dan sebagian kangkung. Karena merupakan lahan sawah yang masih aktif ditanami, maka sekolah perlu kerja keras untuk memadatkan halaman sekolah untuk dijadikan lapangan olahraga.

Kemudian pada tahun 2003 tepatnya pada tanggal 7 Januari 2003 SMAN 1 Tarumajaya diresmikan oleh Bupati kabupaten Bekasi  tentang pembukaan dan Penegerian sekolah, dengan SK Bupati Bekasi No. 420/Kep. 3 Dis.Dik/2003 tanggal 2 Januari 2003.Dan Bangunannya sendiri diresmikan bertepatan dengan hari jadi kabupaten Bekasi ke -53 pada tanggal 15 Agustus 2003 oleh Bapak Bupati Bekasi Wikanda.

Pada saat itu jumlah siswa SMAN 1 Tarumajaya sebanyak 265 siswa terdiri dari : kelas satu sebanyak 144 siswa, dan kelas 2 sebanyak 121 siswa, sedangkan kelas 3 belum ada. Sedangkan jumlah guru tetap sebanyak dua orang (terdiri dari 1 orang guru sejarah dan 1 orang guru geografi), dan guru tidak tetap terdiri dari 20 orang, yang terdiri dari beberapa bidang studi.Sedangkan staf Tata Usaha tetap sebanyak 2 orang dan tidak tetap sebanyak 3 orang.

1. Latar Belakang Pendirian

Pendirian SMAN 1 Tarumajaya dilatarbelakngi oleh banyak faktor yang menjadi pemikiran para tokoh pendiri, antara lain :

  • Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Tarumajaya yang waktu itu masih sangat rendah sehingga belum mampu bersaing di persaingan tenaga kerja dengan penduduk dari luar daerah.
  • Tempat sekolah setingkat  SLTA yang belum terjangkau oleh penduduk Tarumajaya di wilayah Bekasi.
  • Transportasi terbatas sehingga membutuhkan biaya yang besar apabila sekolah di luar  wilayah Tarumajaya
  • Wilayah Tarumajaya yang nantinya diperkirakan semakin padat karena penduduk urban sehingga sangat dibutuhkan sekolah setingkat SLTA.
  • Meningkatkan pendapatan perkapita penduduk asli Tarumajaya.

2. Letak Geografis

SMAN 1 Tarumajaya terletak di desa Pahlawan Setia kecamatan Tarumajaya kabupaten Bekasi. Dari arah Jakarta yaitu tepatnya Cilincing Jakarta Utara sekitar 10 kilometer  kearah Utara. Merupakan perbatasan wilayah Jakarta Utara dengan wilayah kabupaten Bekasi yang paling Utara.

Dan dari arah kota Bekasi berbatasan dengan wilayah kecamatan Medan Satria (yang sekarang sebagian sudah menjadi Kota Harapan Indah).

Sebelah Timur berbatasan dengan wilayah kecamatan Babelan kabupaten Bekasi.Tepatnya desa Buni Bakti daerah pengeboran minyak

3. Tokoh – Tokoh Pencetus

Tokoh – Tokoh Pencetus dan penggagas SMAN 1 Tarumajaya :

1)   H. Cecep Saepulloh (mantan Kepala UPTD Tarumajaya)

2)   H. Maidan Fahmi ( tokoh Masyarakat)

3)   H. Riman ( Kepala Desa Pantai Makmur)

4)   H. Nasuli (Almarhum)

5)   Jamaludin

6)   Wayan ( kepala Sekolah SD)

7)   Sunarto (Kepala Sekolah SD Setia Asih )

8)   Zaki (Tokoh masyarakat dan wartawan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s