PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) salah satu pendidikan muatan lokal

Pendidikan Lingkungan Hidup telah menjadi materi yang terinsersi dalam kurikulum di beberapa sekolah menengah atas, dalam kajiannya termasuk dalam mata pelajaran muatan lokal.

Tentu bukan tanpa alasan pendidikan lingkungan hidup harus masuk dalam pengetahuan yang seharusnya dipelajari oleh siswa SMA. Ini tidak terlepas dari kondisi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang masih rendah, idealnya penanggulangan kerusakan lingkungan dilakukan melalui teknologi, regulasi, dan pendidikan.

Penanggulangan permasalahan lingkungan melalui pendidikan dilakukan dengan strategi yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan sikap terhadap ekosistem sungai. Menurut Aiken (1970) dalam Ramdhani (tanpa tahun) sikap adalah predisposisi atau kecenderungan yang dipelajari oleh seorang individu untuk merespon secara positif atau negatif dengan intensitas yang moderat atau yang memadai terhadap obyek, situasi, konsep atau orang lain.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa dengan pengetahuan (kognitif) yang siswa dapatkan melalui materi pendidikan lingkungan hidup akan membuat siswa memiliki sikap (afektif) yang bersifat positif dan prolingkungan sehingga manifestasi dari pengetahuan dan sikap positif diharapkan menghasilkan tingkah laku konkrit dari siswa yang bersifat positif terhadap lingkungan.

Berikut buku acuan yang bisa digunakan untuk bahan ajar pendidikan lingkungan hidup di sekolah menengah atas. (silahkan dimanfaatkan)
download materi
1. Buku PLH Kelas 10 SMA

2. Buku PLH Kelas 11 SMA

3. Buku PLH Kelas 12 SMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s